Sotoy Membawa Kesesatan

Hari ini gw merasakan kelelahan yang teramat sangat, padahal kerjaan gw ya gitu aja depan kompi bermain-main dengan Corel, Excell dan Word  ( Internet ga disebut nih? oh iya,,, dan berselancar di dunia maya 😀 dengan kecepetan yg beneran flash! bagai di kantor Google di Amrik sono! *sotoy! kapan lu ke amrik?!) ga kerja yang macul ataupun bersihin kaca gedung berlantai puluhan di siang hari! Enggak! tapi gatau rasanya capeeeee banget ( ‘e’ nya banyak saking capennya), mungkin jiwa gw yg lelah mikirin kamu kehidupan yang absurd di dunia yang fana ini *berat.

Lalu dari ruang kerja gw terdengar sayup-sayup suara menggoda ” Ting..ting..ting…ting…”

(itu suara sendok yang diadu ke mangkok yaa… bukan nama pedangdut pelantun alamat palsu *yaelah)

Aha! seketika gw menghambur keluar kantor dan manggil si penyebab suara ‘ting-ting’ itu…. gw pikir sih cocok pas lagi cape gini makan sesuatu (ah elah bilang aja laper, pake pura-pura cape segala ). Biarlah yaa… kan gw sendiri yg ngerasain, coba kamu ada disini gak mutusin nemenin aku pasti merasakan apa yg aku rasakan  *naon atuh!

” Mang, buburnya satu ya” kata gw ke tukang bubur kacang ijo dan ketan hitam, yang bahagia melihat saya yang cantik dagangannya mulai laris.

” Iya neng” jawab si Mang bubur

” Mang ketannya banyakin, jangan pake roti” gw menambahi ke si Mang

” Siap neng ” timpal si Mang

Semangkok bubur dengan porsi ketan hitam lebih banyak sesuai orderan gw pun sampai ke tangan gw dan sampe tumpeh-tumpeh santannya ke tatakan si mangkok, jd tangan gw gak kenapa-napa dan tetep kering dan bersih (lah siapa juga yg peduli?? ) *hiks

Berhubung gw bosen di dalem kantor mulu, gw memutuskan untuk makan disitu sambil ngobrol ama si Tukang buburnya.

“Mang, tiap hari pasti abis?” gw memulai percakapan,

” Yaa gitu neng namanya juga jualan, kalo lagi rame ya laris, kalo sepi paling cuma kejual 10 mangkok ”

” Ini kan musim hujan, biasanya orang-orang nyari yang anget-anget gini mang”

” Iya, kalo musim hujan gini mah alhamdulillah abis wae “

” Alhamdulillah atuh mang, hujan teh berkah yan mang? ” si mang ngangguk tanda setuju.

Di tengah-tengah obrolan tiba -tiba ada mobil ber plat B menepi ke arah gw yang otomatis mendekat ke si mang bubur, wah si mang mau dapet rezeki nih, semobil mau ngeborong bubur kali nih, kata gw dalam hati. Yang menjadi sopir mobil itu pun turun dan nyamperin  si mang bubur,  ” Permisi, numpang tanya kalo mesjid agung cipaganti sebelah mana ya? ”

Si mang bubur pun menjelaskan dengan penuh semangat,

” mesjid cipaganti ke arah sini ” (mang bubur mengarahkan tangan  belok kiri)

si supir : ngangguk-ngangguk dengan wajah bingung ” lewat fly over bukan? ”

Mang bubur : ” Iyah lewat kolong flyover ”

Gw : Hampir keselek gegara denger si mang bubur bilang lewat kolong flyover

Si supir : ” ngelewatin rumah sakit hasan sadikin gak? ”

Mang bubur : ” ga ngelewatin, cuma udah deket ke hasan sadikin tinggal nyebrang ” si mang ngejelasin dengan sotoynya

Gw : keselek sendok! (lah bijimana ceritanya dari mesjid cipganti tinggal nyebrang langsung hasan sadikin?).

Denger arahan mang bubur yang ngaco, akhirnya gw ‘turun tangan’, pertama gw bilang ke mang bubur biar gw aja yang ngasih peta mesjid cipaganti, agar si supir mengerti dan gak rancu dengan penjelasan 2 orang yang nantinya saling menimpali, yaitu: gw dan mang bubur.

Gw : ” jadi, mesjid cipaganti itu di jalan cipganti, nah bapak kan sekarang di jalan dokter rajiman, jalan cipaganti dan jalan dokter rajiman itu bersebelahan ”

Supir : ” oohhh ”

Gw : ” Nah, dari sini ada belokan pertama ke kiri, itu udah jalan cipaganti dari situ luruuuuus aja terus lewatin 2 lampu merah, mesjidnya di sebelah kiri ”

Supir : ” jadi gak lewat kolong flyover dong? ” sindir si supir ke mang bubur

Mang bubur : pura-pura nyuci mangkok.

Gw : “enggak, dan gak deket hasan sadikin”

Supir pun kembali ke mobilnya dan menuju ke arah yang tadi udah gw kasih petanya.

Tinggalah gw dan mang bubur, gw nerusin makan bubur yang baru kemakan se per empatnya, gw pun makan sambil diem gamau bahas ke mang bubur kenapa tadi ngasih peta yang menyesatkan. Si mang bubur mulai percakapan ” neng, emang rumah sakit hasan sadikin sebelah mana? ”

Gubraaaaakk!!

Kayanya kalopun gw jelasin dengan detail letak rumah sakit hasan sadikin, mang bubur bakalan lieur alias puyeng deh, maka dari itu daripada gw menjelaskan dengan percuma, gw jawab si mang bubur dengan mudah dan sederhana :

” Rumah Sakit Hasan Sadikin itu deket flyover tapi gak deket mesjid cipaganti, gitu mang… ”

Habis bubur gw pun langsung kembali bekerja dan tak lupa membayar ke mang bubur tanpa ngambil kembalian, bonus buat mang bubur kali aja beli obat lieur macem panakol atau puyer anti pusing :D.

 

 

Advertisements

Silahkan komen tapi karetnya satu aja *jangan pedes-pedes*

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s