12

Yaayy! I’ve Been Nominated For Sisterhood Of The World Bloggers Award



SISTERHOOD BLOG OF THE WORLD AWARDI usually use this blog just for personal my own story, I write it down about anything that crossed my mind, I post my poems or captured some pictures, but that’s it! so flat and type of passive kind of blog then out of the blue a blogger friend of mine Sandrine Tungka nominating me for a Sisterhood Of The World Bloggers Award!. Thank you Sandrine, I truely thankful for this nomination award, it made me smiling all day since I been nominated .

At first I was thingking that Sisterhood Of The World Bloggers Award is about traveled pants just like the movie in Sisterhood Of The Travelling Pants, but I was wrong… well it is a bit like the movie, but not -send the magic pants to each other sister- part of course, its more than that, Sisterhood Of The World Bloggers Award is voices an unique thought, clearly open minded blog story just like http://sanwajourneys.com. I may haven’t meet Sandrine in personal, yet reading her blog I feel like we’re connected, she could express what her feelings and reworded with nice. Her blog is definately one of my fave, just check it out.

Ok, here the rules for the nominee :

  1. Link to the person who nominated you.
  2. Add the reward logo.
  3. Answer the questions your nominator has asked.
  4. Nominate 7 other bloggers and let them know via comments.
  5. Ask your nominees 10 questions

And here my answers from Sandrine’s questions :

1. In 3 words, what kind of person do you describe yourself?

Ummm… should I describe you the bad one or the good one? I think I tell you the good one. haha… In three word I would describe myself as Energetic – Spontaneous – Silly girl 😀

2. Do you like Fairy-Tale? If yes, which character do you like the most? If no, why?

Yes, I do like fairy tale and I like Rapunzel ( I think her character kind of look like mine)

3. Where do you live? Can you picture it with photo or words?

Curently I live in Bandung, West Java Indonesia. My house is in East Bandung – Ujung Berung. Since you’re born in Bandung I’ll be hapilly if you to stop by, you probably gonna fall asleep  if you come by to my house its beacause I lived near Manglayang mountain and quite far from pollution so the air quite cold and fresh, besides I plant some anti- pollutions plant such as Algoanema, Sansivieria (Lidah mertua, quite funny name isn’t? haha), Spider plant, Peace lili, Begonia, Yuka king, Tricolor and some flowers (actually I only have two kind of flower, this flowers is very rare I myself bought from a collector from Bogor and also quite expensive for me) that flower is Arumdalu (Cestrum nocturnum) and Mei Hua those plants have a tiny flowers but they have excessive fragrance.

Wait, if this describes what you ask? well I hope you can picture what I’m talking about 😀

4. What is your passion and how many percentages have you achieve it?

I actually like to make some cake or food, but I can not be called my self as a chef, because I can’t cook! I just love baking. So my passion in the culinary field, two years ago I have mini cafe but then I lost my focuss so I closed it. Since it ups and downs let me saaaayy the percentages about 50% or maybe less. I don’t know I just ned some good time to make it happen again.

5. What kind of movie do you like?

Animated movie! I just love all of animated movies whether from Pixar, Disney, Ghibli Studio, Tuba, Cartoon Network, Les Copaque etc.

6. What is a film that you memorize the most?

Atonement. I may not cry after watch this movie, but it stuck in my head for a few days and kept remember vividly. What a cruel libel than hobbies murder.

7. What is the best quote you find on books or movies that encourage your life?

This is quote from book I’ve had read “Sorrow comes with so many defense mechanisms. You have your shock, your
denial, your getting wasted, your cracking jokes, and your religion. You also
have the old standby catchall—the blind belief in fate, the whole “things
happening for a reason” drill.”
Emily Giffin, Baby Proof

8. When blogging, do you like to listen to music and what type of music is your muse?

I like to listen music when I blogging, I listen music all the time I lulabies by music till I fall asleep. I like to listen almost all genres music, I like instruments too, but my favorites is Coldplay, Joe Satriani, Glen Hansard, Frank Sinatra and Postal service. I choose Wish You Were Here by Pink Floyd as my muse.

9. Do you like to travel? Which area/country/city that is memorable to you and why?

Yes, I do like to travel, The most memorable city is Banten, I’ve been walking about 8 hour to get in Badui Village, there is no electricity and toilets up there, but I felt like real humans there, I found the real me about what I want and what I really need. It’s about finding yourself.

10. What is the best achievement of your life until now?

Fyuuhhh… Its a hard questions. I guess my best achievement at this moment is I can get rid of my selfishness, I’m not going crazy after a person that I put trust so much as known as my fiance leave me for good. I also don’t do some silly act like jumped off the building because of it, which I have to admit it, that thought been cross on my mind, but here I am, I’m still alive. Haha…
We do have cultural difference and we have little gap age, I say little because we are within 4 years gap. Though I love him so much but I have to let him go, without anger without asking the reason why he leave me, I guess this is might be called true love I can not force him to always love me. I just let go the person I love without any tendency.
(Oh wait, can I have an answer like this? Hopefully you don’t mind 😀 )

I nominate this blogger to have this awesome award, the nominees are :

1. https://brandyalainescott.wordpress.com/

2. http://pasanganjerindo.com/

3. https://adhyabloq.wordpress.com/

Ok, now is my turn to ask the questions,  ready? here we go :

  1. What is the meaning of your name?
  2. Butterflies, are they cute or they a monster?
  3. What comes to mind when seeing a man wearing a pink T- shirt?
  4. What would you do if one day you wake up and turn into a man?
  5. If you can play an instrument, what would you play and why?
  6. Which part of your body do you like most and why?
  7. Who is your inspiration figure?
  8. Have you ever captured best moments from your mobile phone? can you share it?
  9. What is the weirdest food taste you ever try? can you picture it?
  10. If you could ask one question to God what would it be?

That’s all folk. Take your time to answer it… Enjoy the game 🙂

Love Rani,

xoxo

0

Sotoy Membawa Kesesatan


Hari ini gw merasakan kelelahan yang teramat sangat, padahal kerjaan gw ya gitu aja depan kompi bermain-main dengan Corel, Excell dan Word  ( Internet ga disebut nih? oh iya,,, dan berselancar di dunia maya 😀 dengan kecepetan yg beneran flash! bagai di kantor Google di Amrik sono! *sotoy! kapan lu ke amrik?!) ga kerja yang macul ataupun bersihin kaca gedung berlantai puluhan di siang hari! Enggak! tapi gatau rasanya capeeeee banget ( ‘e’ nya banyak saking capennya), mungkin jiwa gw yg lelah mikirin kamu kehidupan yang absurd di dunia yang fana ini *berat.

Lalu dari ruang kerja gw terdengar sayup-sayup suara menggoda ” Ting..ting..ting…ting…”

(itu suara sendok yang diadu ke mangkok yaa… bukan nama pedangdut pelantun alamat palsu *yaelah)

Aha! seketika gw menghambur keluar kantor dan manggil si penyebab suara ‘ting-ting’ itu…. gw pikir sih cocok pas lagi cape gini makan sesuatu (ah elah bilang aja laper, pake pura-pura cape segala ). Biarlah yaa… kan gw sendiri yg ngerasain, coba kamu ada disini gak mutusin nemenin aku pasti merasakan apa yg aku rasakan  *naon atuh!

” Mang, buburnya satu ya” kata gw ke tukang bubur kacang ijo dan ketan hitam, yang bahagia melihat saya yang cantik dagangannya mulai laris.

” Iya neng” jawab si Mang bubur

” Mang ketannya banyakin, jangan pake roti” gw menambahi ke si Mang

” Siap neng ” timpal si Mang

Semangkok bubur dengan porsi ketan hitam lebih banyak sesuai orderan gw pun sampai ke tangan gw dan sampe tumpeh-tumpeh santannya ke tatakan si mangkok, jd tangan gw gak kenapa-napa dan tetep kering dan bersih (lah siapa juga yg peduli?? ) *hiks

Berhubung gw bosen di dalem kantor mulu, gw memutuskan untuk makan disitu sambil ngobrol ama si Tukang buburnya.

“Mang, tiap hari pasti abis?” gw memulai percakapan,

” Yaa gitu neng namanya juga jualan, kalo lagi rame ya laris, kalo sepi paling cuma kejual 10 mangkok ”

” Ini kan musim hujan, biasanya orang-orang nyari yang anget-anget gini mang”

” Iya, kalo musim hujan gini mah alhamdulillah abis wae “

” Alhamdulillah atuh mang, hujan teh berkah yan mang? ” si mang ngangguk tanda setuju.

Di tengah-tengah obrolan tiba -tiba ada mobil ber plat B menepi ke arah gw yang otomatis mendekat ke si mang bubur, wah si mang mau dapet rezeki nih, semobil mau ngeborong bubur kali nih, kata gw dalam hati. Yang menjadi sopir mobil itu pun turun dan nyamperin  si mang bubur,  ” Permisi, numpang tanya kalo mesjid agung cipaganti sebelah mana ya? ”

Si mang bubur pun menjelaskan dengan penuh semangat,

” mesjid cipaganti ke arah sini ” (mang bubur mengarahkan tangan  belok kiri)

si supir : ngangguk-ngangguk dengan wajah bingung ” lewat fly over bukan? ”

Mang bubur : ” Iyah lewat kolong flyover ”

Gw : Hampir keselek gegara denger si mang bubur bilang lewat kolong flyover

Si supir : ” ngelewatin rumah sakit hasan sadikin gak? ”

Mang bubur : ” ga ngelewatin, cuma udah deket ke hasan sadikin tinggal nyebrang ” si mang ngejelasin dengan sotoynya

Gw : keselek sendok! (lah bijimana ceritanya dari mesjid cipganti tinggal nyebrang langsung hasan sadikin?).

Denger arahan mang bubur yang ngaco, akhirnya gw ‘turun tangan’, pertama gw bilang ke mang bubur biar gw aja yang ngasih peta mesjid cipaganti, agar si supir mengerti dan gak rancu dengan penjelasan 2 orang yang nantinya saling menimpali, yaitu: gw dan mang bubur.

Gw : ” jadi, mesjid cipaganti itu di jalan cipganti, nah bapak kan sekarang di jalan dokter rajiman, jalan cipaganti dan jalan dokter rajiman itu bersebelahan ”

Supir : ” oohhh ”

Gw : ” Nah, dari sini ada belokan pertama ke kiri, itu udah jalan cipaganti dari situ luruuuuus aja terus lewatin 2 lampu merah, mesjidnya di sebelah kiri ”

Supir : ” jadi gak lewat kolong flyover dong? ” sindir si supir ke mang bubur

Mang bubur : pura-pura nyuci mangkok.

Gw : “enggak, dan gak deket hasan sadikin”

Supir pun kembali ke mobilnya dan menuju ke arah yang tadi udah gw kasih petanya.

Tinggalah gw dan mang bubur, gw nerusin makan bubur yang baru kemakan se per empatnya, gw pun makan sambil diem gamau bahas ke mang bubur kenapa tadi ngasih peta yang menyesatkan. Si mang bubur mulai percakapan ” neng, emang rumah sakit hasan sadikin sebelah mana? ”

Gubraaaaakk!!

Kayanya kalopun gw jelasin dengan detail letak rumah sakit hasan sadikin, mang bubur bakalan lieur alias puyeng deh, maka dari itu daripada gw menjelaskan dengan percuma, gw jawab si mang bubur dengan mudah dan sederhana :

” Rumah Sakit Hasan Sadikin itu deket flyover tapi gak deket mesjid cipaganti, gitu mang… ”

Habis bubur gw pun langsung kembali bekerja dan tak lupa membayar ke mang bubur tanpa ngambil kembalian, bonus buat mang bubur kali aja beli obat lieur macem panakol atau puyer anti pusing :D.

 

 

0

We Will Become Sillhouettes


P.S : This song reminds me of what life should be done

“We Will Become Silhouettes”

I’ve got a cupboard with cans of food, filtered water,
And pictures of you and I’m not coming out
Until this is all over
And I’m looking through the glass where the light bends
At the cracks
And I’m screaming at the top of my lungs pretending
The echoes belong to someone
Someone I used to know

And we become silhouettes when our bodies finally go
Ba ba ba…

I wanted to walk through the empty streets
And feel something constant under my feet,
But all the news reports recommended that
I stay indoors
Because the air outside will make our cells
Divide at an alarming rate until our shells
Simply cannot hold all our insides in,
And that’s when we’ll explode
(and it won’t be a pretty sight)

And we’ll become silhouettes when our bodies finally go
Ba ba ba…
And we’ll become silhouettes when our bodies finally go
Ba ba ba…
And we’ll become silhouettes when our bodies finally go
Ba ba ba…
And we’ll become silhouettes when our bodies finally go
Ba ba ba…

And we’ll become
And we’ll become

0

So That’s How Life is Gonna Be


When animal kills other animal
It’s because they has to
But when human kills other human
It’s because they wants to

So does in love…

Whey you leave by another person you loved
It’s mean they haven’t love you anymore
And you can’t force anything to make that person still in love with you

Every human blessed with feelings and it doesn’t works for other creatures
So if someone leave you with no reasons as well
Just let it go,
In their mind with high level conscious they’re just want to
They’re probably had no guilty feelings
I mean why should they?
Or they might forget their faith as a human.

Posted from WordPress for BlackBerry.

2

Niat Baik Belum Tentu Terlihat Baik


BsflmpRCQAAPM2r.jpg large

Pernahkah anda niat menolong tapi disalah artikan oleh orang lain? niat menolong malah jadi tersangka pelaku kejam! *oke ga kejam juga sih tapi niat baik anda malah dianggap niatan tidak baik.

Jika pernah, tenang kalian tidak sendiri saya pun pernah mengalaminya, *welcome to the club* dan cukup sering lho kejadian tidak mengenakan ini terjadi pada berbagai situasi maupun di macam-macam kejadian.

Salah satu kisah kurang menyenangkan yang saya alami ini, yaitu terjadi sebulan yang lalu, saat saya hendak ke ke suatu tempat di daerah Sukajadi – Bandung, waktu itu saya mengendarai motor padahal cuaca saat itu mendung dan musimnya hujan, tapi saya tetap menggunakan kendaraan motor untuk menuju ke tempat-tempat yang saya tuju, bukannya saya sok kuat dan anti Flu kalo basah akibat hujan-hujanan, melainkan karena saya memang tidak punya mobil , dan saya malas jika harus ber angkot ria, bukan hanya waktu yang ditempuh bakal lebih lama jika menggunakan angkot, karena selain jalanan kota Bandung hampir macet dimana-mana disamping itu masih ada pertimbangan lain… kasih tau gak yaa mengapa saya sangat enggan ber angkot ria . Ummm.. gimana yaa pokonya gak level *haha sombong.

Sore yang mulai gerimis itu, saya memacu motor dengan kecepatan, eh berhubungan gak cepet jadi saya ganti bahasanya, biar kesannya gak ngebut-ngebutan dan memang secara de facto saya tidak hobi ngebut, alasannya sederhana sih motor saya motor bebek keluaran lumayan jadul, mau ngebut juga bakal kesusul sama tukang odong-odong. Eh tapi saya pernah menggunakan motor ber CC besar dan motor itu memang biasa digunakan untuk nge drag jadilah saya ngebut menggila! maklum lah ada hasrat pembalap dalam jiwa saya ini, gini-gini dulunya saya tukang balapan, tapi gak liar lho yaa… dulu ketika saya SMA orang tua saya mengerti sekali akan passion anaknya yang doyan ngebut, dan pada waktu itu almarhum ayah saya mendaftarkan saya untuk bergabung di IMI (Ikatan Motor Indonesia) Jawa Timur. Alhamdulillah dari situ saya pernah menjadi juara 3 kategori Rally junior .

Ya ampun ini cerita kemana sih arahnya? Oke fokus! Sampai mana tadi….?

Baiklah… sore itu saya melajukan motor saya dengan santai speedometer saya menunjukkan angka 35km/jam. jalan yang saya lalui cukup menanjak (jl.pasar sederhana tepatnya,tau kan tanjakannya? Nah itu disitu) kebayang kan betapa pelannya saya waktu itu. Gerimis mulai turun ketika saya mulai mendekati tempat yang saya tuju, sehingga saya tidak bergegas untuk menggunakan jas hujan, karena saya pikir toh sebentar lagi akan sampai, paling-paling basah hanya di jaket saya.

Ada beberapa motor yang menepi untuk menggunakan jas hujan, kemungkinan para pengendara motor ini masih jauh untuk sampai ke tujuannya, bisa juga karena kondisi fisik yang tidak sekuat saya, kena hujan dikit langsung bersin-bersin dan flu *haha lagi-lagi sombong. Tiga meter depan motor saya ada motor yang malah memacu motornya dengan kecepatan yang tinggi, sekilas saya ingat mereka dua laki-laki berboncengan mengenakan celana pendek dan paha kekar berbulu sendal jepit dengan tidak menggunakan helm pula. Belum sempat saya memikirkan bagaimana safety riding mereka, tiba-tiba seekor kucing melintas dan motor dengan pengendara yang tidak memikirkan safety riding itu menghantam tepat di tubuh sang kucing.

BLEEDAAARR! suara cukup keras tubuh si kucing yang membentur sepakbor motor kemudian si kucing terpelanting dan terlindas ban belakang. Aku yang berada tak jauh dari si motor tak ber safety riding itu menyaksikan semuanya dan berucap Astagfirullah haladzhimm, seketika menghetikan motor dan menganga sebentar (sungguh hanya sebentar). Sesaat kemudian aku berucap lagi Masyaa Allaaaaah, karena si pengendara motor yang menabrak kucing itu tidak berenti, malah langsung tancap gas bahkan menoleh pun tidak. Keterlaluan! sangat tidak berprikemanusiaan sama sekali! kata saya dalam hati.

Saya yang seorang gadis penyayang kamu binatang ini secara naluriah berhenti untuk menolong kucing yang tertabrak motor tadi. Saya memarkir motor di pinggir jalan di jalanan yang memang tanjakan. saya pun berlari menghampiri si kucing yang tengah terluka, saya pun mengangkat si kucing dengan sangat hati-hati khawatir akan meremukkan tulangnya (bisa jadi memang telah remuk ketika tertabrak tadi) dan memindahkannya ke pinggir jalan. Si kucing masih muda sepengetahuan dan pengalaman saya dalam memelihara kucing, kucing itu berusia sepuluh bulan, bukan kucing kecil tapi masa remaja dalam dunia perkucingan, kucing itu berbulu tiga dengan bulu yang tidak terlalu pendek.

Kucing ditanganku yang menggeliat-geliat kesakitan ini pasti betina, saya tidak perlu mengecek alat kelaminnya, saya cukup tau dari warna bulu tiga si kucing. [Jadi, kucing yang lahir dengan bulu tiga warna dapat dipastikan sebagai kucing betina, jikalaupun ada kucing berbulu tiga warna lahir sebagai jantan dapat dipastikan juga umurnya tidak lebih dari seminggu, karena kucing jantan dengan bulu tiga warna akan dianggap sebagai kucing alpha, dalam dunia satwa pejantan alpha adalah ancaman bagi pejantan lain. Oleh karena itu jika ada anak kucing jantan lahir dengan tiga warna, maka pejantan lain akan mengetahuinya dan segera memburunya lalu memakannya] Kucing itu terus menggeliat-geliat karena sakitnya, bola matanya membalik ke atas dan dari hidungnya bercucuran darah, saya bingung harus berbuat apa untuk menahan agar si kucing tidak kesakitan, saya pun mulai menitikkan air mata tidak tega dengan apa yang dialami si kucing. Saya hanya bisa berdoa “Ya allah hilangkanlah rasa sakit pada kucing ini, jika memang mati adalah jalan yang terbaik maka cabutlah nyawanya” kemudian si kucing mengeluarkan suara aneh seperti mengerang, kucing ini meregang nyawa dan saya merasakan kejangan tubuhnya sesaat akhirnya terkulai lemah dan mati, baru kali ini ada makhluk hidup sakaratul maut nya di kedua tangan saya. Air mata saya pun mulai mengalir…

“Mbak yang nabrak kucing ini?” sebuah suara memaksaku untuk menengadah yang sedari tadi saya tertunduk sambil berjongkok.

Saya tak sanggup berkata-kata dan hanya bisa menggelengkan kepala dengan kode menjawab “bukan”

” Tapi kenapa kucing ini mati di tangan mbak?” aku semakin tidak bisa berkata-kata

Bagaimana mungkin aku yang justru mengangkat kucing ini kepinggir jalan, dan mendoakan kucing ini malah dituduh sebagai tersangka yang menabraknya? rasanya ingin menjerit di depan muka si Bapak yang menanyai saya waktu itu, saya sungguh sedih tak tertahankan namun tidak bisa menangis lagi karena bercampur marah ditambah dituduh menabrak kucing ini. Tidakkah terlihat niat baikku? tidakkah terpancar dari wajahku yang bersedih atas kucing malang ini?. Naluriah sebagi seorang manusia aku pun defense “Kucing ini ditabrak oleh pengendara motor yang kebut-kebutan tadi” motor saya itu diparkir disana, saat itu ada tiga orang yang ada disitu dan hanya diam seolah masih tidak percaya atas penjelasan yang saya ceritakan, kenyataan bahwa saya hanya memindahkan kucing tertabrak itu.

Hujan pun mulai menderas, oran-orang itu pun bubar denagan sendirinya, tinggalah formasi awal yaitu : aku – Kucing malang – Pohon Trembessi dan rinai hujan.

Biarlah orang tidak mengetahui niat baikku, Tuhan merekam semuanya. Saya pun meletakkan kucing tidak bernyawa itu di bawah pohon Trembessi, saya tidak bisa menguburnya dan jika ada orang yang melihat pun akan menganggap aku pembunuh kucing dan mengubur seenaknya di lahan orang lain atau umum.

Selamat tinggal kucing bulu tiga… berbahagialah engkau di surga, kau bisa sepuas hati minum susu di sungai abadi, berlarian kesana sini di lahan seluas jagat raya tanpa khawatir tertabrak. Amin

0

Euforia


Tidak ada yang menghalangi aku menikmati hidup, semuanya terasa ringan, aku tidak memiliki ambisi-ambisi yang terlalu besar baik dalam material maupun spiritualku.

Tapi aku kehilangan makna hidup, untuk apa semua ini? Dengan tujuan apa aku menjalani kehidupan ini?

Terutama cinta…
Aku memandangnya dengan skeptis, sesuatu yang tiada lagi bermakna buatku. Pernikahan bagiku bukan sesuatu yang sakral, aku tidak memahami pernikahan sebagai suatu keagungan cinta. Aku memilih menjauhinya.

Aku hidup dalam suatu memoar; mungkin juga terjebak di dalam memoar.
Aku mengingat setiap rincian hal saat bersama seseorang. Kami melakukan banyak hal; dia mengajariku banyak hal, hal yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Bersamanya aku menjadi tau, bahwa ada hal-hal seperti itu dan itu menyenangkan. Bagaimana aku bisa melupakan hal semanis itu?

Setiap kali berjumpa, kami sangat menghargai waktu, betapa kami berusaha memaknai sebuah waktu yang sedikit agar dapat dilalui bersama dengan indah. Dan menjadi kenangan…

Aku tau, apa yang telah terjadi memang menjadi masa lalu.
Hanya saja aku tidak ingat apa yang terjadi setelahnya. Yang aku ingat hanya masa dimana aku merasa bahagia, setiap orang akan mencari rasa nyamannya bukan?

Tidak ada yang abadi,
Kita hanya ditinggalkan oleh waktu dalam kehidupan ini,
Sudah menjadi kodratnya manusia itu seorang diri,
Manusia lahir dan mati pun sendiri.

Itu aku dalam petualangan kacamataku…

Posted from WordPress for BlackBerry.

0

Harapan Kosong


Menunggu itu membosankan.
Tapi pilihan lain adalah tak jauh berbeda yaitu menanti, lalu aku teguh pendirian, aku menunggu
1 jam..
2 jam..
3 jam..
4 jam..
5 jam..
6 jam..
7 jam..
8 jam..
Kemudian aku mengerjakan hal lainnya untuk mengalihkan penungguan.

Keesokannya aku menunggu sambil mengerjakan sesuatu setelah 8 jam lamanya menunggu, dan lagi-lagi aku menunggu
1 hari..
2 hari..
3 hari..
4 hari..
5 hari..
6 hari..
7 hari..
lalu di minggu berikutnya
1 minggu..
2 minggu..
3 minggu..
4 minggu..
5 minggu..
6 minggu..
7 minggu..
8 minggu..

Lalu aku pun tersadar… Aku hanya menunggu untuk menanti janji-janji manisnya.
Aku dibutakan, aku tak ayal layaknya sebuah mainan hingga pencapaian dimana titik kepuasan itu memudar.

Dan… Aku merasa sangat dibodohi! Yang aku tidak tahu oleh siapa?.

Posted from WordPress for BlackBerry.